Memahami tujuh (7) sifat Ma'ani Allah[1]
Sifat Ma'ani ada tujuh (7)
SIFAT MA'ANI |
||||||
7 |
6 |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
كلام |
بصر |
سمع |
حياة |
علم |
إرادة |
قدرة |
Berbicara |
Melihat |
Mendengar |
Hidup |
Ilmu |
Ingin |
Mampu |
1. Qudroh (Ta'aaluq dengan Mumkin)
2. Irodah (Ta'aaluq dengan Mumkin)
3. Ilmu (Ta'alluq dengan Wajib, Mustahil dan Jaiz)
4. Hayat (Tidak memiliki Ta'alluq)
5. Sama' (Ta'alluq dengan Semua yang ada/yang nyata)
6. Bashor (Ta'alluq dengan Semua yang ada/yang nyata)
7. Kalam. (Ta'alluq dengan Wajib, Mustahil dan Jaiz)
SIFAT MA'ANI |
||||||
لا بتعلق بشيئ |
تعلق (Hubungan/Kerja) |
تعلق (Hubungan/Kerja) |
تعلق (Hubungan/Kerja) |
|||
موجودات |
واجب و مستحيل و جائز |
ممكنات |
||||
4 |
6 |
5 |
7 |
3 |
2 |
1 |
حياة |
بصر |
سمع |
كلام |
علم |
إرادة |
قدرة |
Berbicara |
Melihat |
Mendengar |
Hidup |
Ilmu |
Ingin |
Mampu |
1. Ketika membahas tentang sifat Ma'ani, maka tidak terlepas dari
pembahasan:
a) Kerja, Hubungan atau Keterkaitan (تعلق).
b) Mungkin (ممكن) dan Bekas
atau Pengaruh (تأثر).
c) Ada (موجود) dan Tiada
(معدوم).
d) Nyata (وجود) atau Tiada
Nyata (عدم).
2. Begitu pula halnya dari point (a) hingga (d) tidak lepas dengan:
a) Bekas atau Pengaruh (تأثر).
b) Mungkin (ممكن).
c) Wajib, Mustahil dan Ja'iz (واجب و مستحيل و جائز)
3. Point nomor dua (2) tidak lepas atau ada hubungan (تعلق) dengan:
a) Tanjizy hadits (التنجيزي الحادث).
b) Tanjizy qodim (التنجيزي القديم).
c) Suluhy qodim (صلوحي قديم)
d) Qobdoh (قبضة).
e) Majazy dan Hakiki (مجازي و حقيقي).
4. Halnya juga tentunya terkait dengan Tindakan (أفعال) Allah.
5. Jika sudah terkait dengan Tindakan atau Af'al Allah maka tentunya
kembali kepada sifat Ja'iznya Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Sama kita ketahui
bahwa Allah memiliki 20 sifat wajib, 20 sifat mustahil dan 1 sifat Ja'iz.
Dari point satu (1) hingga lima (5) sudah dapat dilihat bahwa ketujuh (7) sifat Ma'ani tersebut akan akan diletakkan kepada tempatnya masing-masing untuk dapat memahami secara baik dan benar tentang penggunaan (تعلق) yang dinamai atau diistilahkan dengan hubungan atau keterkaitan atau kerja Allah 'Azza Wajalla.
Pembahasan Pertama "Qudroh" dan terkait dengan satu sifat
"Ja'iz" dengan perbuatan atau perilaku atau Af'al (أفعال)
1. Kerja (تعلق) Qudroh
(قدرة)
Beberapa hal yang
harus diperhatikan tentang qudroh adalah:
1. Kerja atau eksistensi qudroh itu tentunya harus memiliki bahan, dan bahannya
adalah:
a) Nyata (وجود) dan
atau Tidak Nyata (عدم).
Pengertian nyata
disini masih sebatas bahan dan bahan tersebut belum dijadikan sesuatu.
Pengertian dari Tidak nyata disini juga masih bahan, artinya
tidak dinyatakan. Maksudnya adalah, bahan tersebut nantinya jadi diwujudkan
atau tidak jadi diwujudkan.
b) Diwujudkan (موجود) dan atau Tidak diwujudkan (معدوم).
Pengertian diwujudkan disini adalah; bahan yang sudah
ada akan diwujudkan dan atau tidak diwujudkan, contohnya adalah; kayu adalah
bahan, tentunya bahan kayu ini bisa dijadikan apa saja, seperti pintu, jendela,
lemari dan lain sebagainya. Namun ketika sipemilik kayu ingin menjadikan bahan
tersebut menjadi sesuatu, tentunya hanya menjadi satu benda saja, seperti pintu
saja atau jendela saja dengan berbagai macam motif tentunya. Bahan tersebut
diwujudkan adanya menjadi pintu atau tidak jadi diwujudkan menjadi pintu, itu
tergantung sipemilik bahan.
c) Patut, Pantas, layak, wewenang atau kesiapan terlebih
dahulu (صلوحي قادم)
Qudroh memiliki
hubungan (تعلق) erat
dengan shuluhy qodim, artinya; pemilik kayu harus memiliki kewenangan,
kesiapan,dan kepatutan untuk menjadikan bahan tersebut untuk dijadikan apa saja,
artinya mampu menjadikan bahan itu menjadi apa saja sesuai kehendaknya (artinya
masih dalam benak, atau bisa disebut kerja belum nyata, istilahnya Shuluhil
qodim), walupun nantinya yang jadi itu hanya jadi satu (artinya setelah
diwujudkan realita yang ada dalam benak menjadi sebuah barang, atau disebut
kerja nyata, istilahnya Tanjizy hadits), dan point (c) ini erat hubungannya
dengan point (a) dan (b). Diberi kesimpulan; siap menciptakan
d) Kerja nyata yang bersifat baharu (تنجيزي حادث).
Post A Comment:
0 comments:
Terimakasih telah meninggalkan pesan kepada kami.
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.